Prepositions

Preposition dalam bahasa Indonesia disebut preposisi yang artinya kata depan merupakan kata yang tidak bisa berubah bentuk dan biasanya selalu diletakkan di depan kata benda. Preposisi digunakan untuk memperlihatkan hubungan tertentu dengan kata-kata lain dalam kalimat.

Contoh:
I take the bag on the table.

Beberapa kata keterangan waktu atau tempat dapat digunakan sebagai objek untuk preposisi, seperti:
He runs from here to there.

Noun-Clause dapat menjadi objek untuk preposisi, seperti:
Mr. Ahmad told me of what he had heard.

Bentuk-bentuk Preposisi
Simple Prepositions (preposisi tunggal)
Contoh:
after, at, by, for, from, of, ofer, on, in, through, to, off, till, until, under, up, with, etc.

Double Prepositions (preposisi ganda)
Dipakai apabila preposisi tunggal tidak cukup untuk menyatakan pengertian.
Contoh:
into (ke dalam), onto (di atas), from under (dari bawah), from among (dari antara), from off (lepas dari), from within (dari dalam), over againtst (bersandar di/kepala), etc.

Compound Preposition (preposisi gabungan)
Dibentuk dari kata benda, kata sifat, atau adverb yang digabungkan dengen preposisi "be" =by atau "a" =on, seperti:
across=on cross (di sebrang), along=on long (sepanjang), amidst=on middle (di tengah-tengah), behind=by hind (di belakang), about=on by out (di sekitar), before=by fore (di muka/sebelum), amongst=on gemang, in a multide (di antara - lebih dari dua), below=by low (di bawah), beneath=by neath (di bawah), beside=by side (di sebelah, di samping), besides=by sides (selain), between=by twain (di antara dua), beyond=by yonder (di luar), but=by out except (kecuali, tetapi), within (dalam), without (tanpa, tidak dengan), etc.

Participal Prepositions (preposisi partisip)
Contoh: pending (seraya menantikan), during (selama), notwithstanding (meskipun), past (lewat), except (kecuali), save (kecuali), considering (mengingat), touching=concerning=regarding(mengenai), owing to (karena)

Prepositional Phrase (ungkapan yang berpreposisi)
Prepositional Phrase merupakan dua atau lebih kata yang biasanya disusun dalam rangkaian kata dan yang berakhir dengan preposisi tunggal.
Contoh:
because of (disebabkan oleh, karena), by means of (dengan memakai), by reasons of (karena, berhubung dengan), for the purpose of (dengan maksud), for the sake of (demi), in consequence of (karena), in lieu of=in place of (sebagai pengganti), in point of (tentang), in behalf of (untuk kepentingan), in the event of (kalau, sekiranya, bila), in the place of (sebagai pengganti), in view of (karena, mengingat), in front of (di depan), etc.

Disguised Prepositions (preposisi tersembunyi)
Kata depan ini sudah di jelaskan seperti compound prepositions bahwa dalam kata "behind" terdiri dari kata by + hind (di belakang), "across" tediri dari kata on + cross (di sebrang). Ada juga "o" yang digunakan untuk pengganti of dalam kata o'clock

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon