Nouns

Setelah kita mengetahui beberapa bagian dari part of speech maka selanjutnya kita membahas satu per-satu part of speech. Dalam kesempatan ini disajikan tentang kata benda atau noun. Kata benda merupakan kelompok kata yang menyatakan nama orang, tempat, dan segala sesuatu yang dibendakan.

Kata benda dapat dibedakan menjadi dua yaitu Concrete Noun dan Abstract Noun.

Kata benda konkrit adalah kata benda yang mempunyai wujud dan bentuk. Kata benda konkrit dapat dilihat, dipegang atau diraba. Contoh concrete noun adalah: Adnan (nama orang), boy (anak laki-laki), man (orang laki-laki), girl (orang gadis), mother (orang ibu), Tasikmalaya (nama tempat), gold (benda materi), iron (benda materi), table (benda perlengkapan), bag (benda pelengkapan), pen (benda peralatan, book (benda peralatan), etc. (etc.= etcetera yang berarti dan sebagainya).

Kata benda abstrak merupakan kata benda yang tidak berwujud. Kata benda ini tidak dapat dilihat atau diraba seperti kata benda konkrit. Namun kata benda abstrak ini hanya bisa dibayangkan dan dirasakan oleh perasaan. Contoh abstract noun adalah: freedom, (kemerdekaan), wishdom (kebijaksanaan), life (kehidupan), love (cinta), faith (kepercayaan), friendship (persahabatan), etc.

Concrete Noun dibagi menjadi empat bagian yaitu proper noun (kata benda nama diri), common noun (kata benda umum), material noun (kata benda bahan baku), dan collective noun (kata benda kolektif).

Proper Noun adalah kata benda yang diawali dengan huruf kapital seperti nama orang, kota, negara, sekolah, perusahaan, dan nama-nama tempat lainnya. Contoh: Ahmad, Bandung, SMPN 9 Haurgeulis, Honda, etc.

Common Noun adalah kata benda yang biasa dipakai oleh kita seperti contoh: teacher, book, plane, bike, hill, car, etc.

Material Noun merupakan kata benda dari benda-benda materi atau bahan-bahan baku seperti contoh: gold, silver, bronze, oil, etc.

Collective Noun merupakan kata benda yang mempunyai makna majemuk. Contoh dari kata benda kolektif adalah: flock (sekawanan hewan), class (sekumpulan murid), committee (panitia), etc.

Untuk Abstract Noun (kata benda abstrak) dapat digolongkan berdasarkan proses pembentukannya. Pembentukkan kata benda ini berasal dari kata kerja, kata sifat atau kata-kata lainnya.

Contohnya jika kata kerja ditambah akhiran -ment
entertain + ment = entertainment (hiburan)
arrange + ment = arrangement (penyusunan)
agree + menyetujui = ageement (persetujuan)

Contoh jika kata kerja ditambah -ion atau -tion
adopt + ion = adoption (pengangkatan anak)
act + ion = action (perbuatan)

Contoh jika kata kerja ditambah -ation, -cation, -ition sperti berikut
admire + ation = admiration (kekaguman)
apply + cation = application (lamaran)

Contoh jika kata kerja ditambah -ance atau -ence
admit + ance = admitance (pengakuan)
differ +  ence = difference (perbedaan)

Contoh jika kata kerja ditambah -t atau -y
contain = content (isi)
discover = discovery (penemuan)

Contoh jika kata kerja ditambah -ing, -cy, dan -an
write = writing (tulisan)
agent = agency (perwakilan)
library = librarian (pustakawan)

Contoh kata sifat ditambah -ness
happy = happiness (kebahagiaan)

Contoh kata sifat lainnya yang menjadi kata benda abstrak adalah
young = youth (masa muda)
hot = heat (panas)

Contoh cmmon noun yang menjadi kata benda abstrak adalah
child = childhood (masa kanak-kanak)
hero = heroism (kepahlawanan)
friend = frienship (persahabatan)


Ada pula abstract noun yang bentuknya sama dengan kata kerja sperti hope bisa berarti mengharapkan dan juga bisa mengandung arti pengharapan, help bisa berarti menolong atau pertolongan, love bisa berarti mencintai dan juga berarti percintaan.