Modals

Kata kerja bantu atau auxiliary verb di bahas di halaman lain. Namun di halaman ini ada kata kerja bantu khusus yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu Modals. Kata-kata yang termasuk Modals adalah Shall, Will, Do, Can, May, dan Must. Memang digunakan sebagai kata kerja bantu namun penggunaan modals tidak seperti auxiliary lainnya. 

Modals dalam penggunaannya pada kalimat tidak mengubah bentuk kata kerja. Misalkan dalam present continuous menggunakan "is" maka kata kerja akan berubah dengan tambahan "-ing". Tapi apabila menggunakan modals tidak perlu menambah atau mengganti bentuk kata kerjanya, seperti menggunakan "will" dalam future tense, kata kerja tetap menggunakan bentuk dasarnya tanpa ada tambahan (-ing, -s/es, -ed) atau berubah bentuk sesuai tenses.

Apabila digunakan untuk betuk past, modals saja yang berubah bentuk tanpa merubah kata kerja yang berada setelahnya. Bentuk lampau modals yaitu Should, Would, Did, dan Might. Kecuali Must tidak memiliki bentuk lampau maka menggunakan kata lain dari modals untuk menyatakan kewajiban bentuk lampau. Untuk lebih memahami Modals maka perlu pembahasan lebih lanjut.

Shall dan Will
Shall dan will yang berarti "akan" memiliki makna tekad, kemauan, atau maksud yang akan dilaksanakan. Kedua kata tersebut dipakai dalam future tense.
Contoh:
I shall go (bisa juga) I will go = Saya akan pergi
We shall go (bisa juga) We will go = Kami akan pergi
You will go = Kamu akan pergi
They will go = Mereka akan pergi
She will go = Dia akan pergi
Dalam pembahasan future tense di sekolah formal, kata "shall" sudah jarang digunakan lagi. Namun sebagai pengetahuan maka dicantumkan penggunaan kata tersebut di halaman ini terkait perubahan makna "shall" yang tidak lagi berarti maksud melainkan bermakna perintah.

Contoh:
You shall study hard before the examination!
Kamu harus giat belajar sebelum ujian


Penggunaan pada bentuk lampau shall dan will yaitu should dan would dalam future tense adalah sama. Namun bedanya dengan pembahasan sebelumnya adalah "should" memiliki makna kewajiban, misal:
You should know the story
Kamu harus mengetahui cerita itu

Should juga memiliki makna pengandaian syarat terpenuhi di waktu lampau, seperti:
Should he finish, please ask him to meet his manager soon.
Jika dia selesai, tolong minta dia segera menemui menejernya.

Do
Kata "Do" dipakai untuk membuat penegasan dan perintah dalam kalimat positif, contoh:
We do listen the teacher = Kami sungguh-sungguh mendengarkan guru.
Do work hard! = Bekerja keraslah!

Dipakai dalam simple present tense untuk membuat kalimat negatif, seperti:
I do not go to Bandung = Saya tidak pergi ke bandung.
She does not go to Bandung = Dia tidak pergi ke Bandung.

Silakan melihat penggunaan "do" pada simple present tense. Begitu juga penggunaan bentuk lampaunya "did" pada pembahasan past tense.

Can
Can berarti dapat yang memiliki makna untuk menyatakan kemampuan, kemahiran, dan kesanggupan. Penggunaan "can" sama seperti penggunaan "will".
Contoh:
I can swim
You can swim
He can swim

Begitu juga bentuk lampaunya memiliki kesamaan penggunaan. Namun could pun memiliki kegunaan untuk menyatakan perkataan yang sopan.
Contoh:
She could not come yesterday because she was sick.

Could you tell me about the museum?

May
May berarti boleh atau mungkin. Kata ini dipakai untuk menyatakan meminta, pemberian izin, atau kemungkinan-kemungkinan.
May I help you? = Bolehkah saya bantu?
I may be late. = Mungkin saya telat

Penggunaan "may" bentuk present adalah sama dengan bentuk lampaunya "might". Penggunaan might juga menggambarkan kesantunan.


Must
Must yang berarti harus memiliki makna penekanan yang tidak boleh dilanggar atau tidak dikerjakan.
Contoh:
I must go now. = Saya harus berangkat sekarang

Sedangkan bentuk lampaunya tidak menggunakan must lagi karena must tidak memiliki bentuk lampau. Untuk mengungkapkan bentuk lampau menggunakan "Had to"
Yesterday I had to go to hospital = Kemarin saya harus pergi ke rumah sakit.

Begitu pula untuk mengungkapkan masa yang akan datang menggunakan shall/will have to, contoh:
Next month we will have to go to Jakarta = Bulan depan saya harus pergi ke Jakarta.

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon