Demonstrative Pronoun

Pengertian Demonstrative Pronoun

Demonstrative pronoun adalah pronoun (kata ganti) yang menggunakan parameter number (jumlah) dan distance (jarak). Noun yang digantikan umumnya berupa benda, namun dapat pula berupa orang atau hal. Kata ganti ini terdiri dari: this, that, these, dan those. Bentuknya yang sama persis dengan demonstrative adjective.

Demonstrative Pronouns (kata ganti penunjuk) adalah kata ganti yang digunakan untuk mewakili atau menggantikan benda tunggal (singular) dan benda jamak (plural).
Demonstrative pronoun merupakan kata ganti penunjuk yang tergolong ke dalam definite pronoun, dimana kita sudah mengetahui sesuatau yang digantikan dengan jelas. Pada umumnya, kata benda yang digantikan adalah berupa benda, orang ataupun hal. Dalam bahasa Indonesia, hanya ada dua kata demonstrative pronoun yang hanya dipengaruhi dari jarak benda dari kita. Kata ganti dari demonstrative pronoun dalam bahasa Indonesia adalah ‘ini’ (jarak dekat) dan ‘itu’ (jarak jauh), sedangkan di dalam bahasa Inggris menggunakan this, that, these dan those. Berikut akan dijelaskan mengenai perbedaannya. 

Demonstrative pronouns digunakan untuk menegaskan suatu hal. Juga, kita bisa sebutkan bahwa demonstrative pronouns digunakan sebagai penunjuk.

Di dalam bahasa Inggris, ada empat demonstrative pronouns yaitu this, that, these, dan those. This (ini) dan that (itu) digunakan untuk benda tunggal. Sedangkan these dan those digunakan untuk benda jamak.
Perhatikan contoh berikut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik:
  1. I have read this book. (Saya telah membaca buku ini.) – Kata benda tunggal
  2. She took that pen. (Dia mengambil pulpen itu.) – Kata benda tunggal
  3. They have written on these books. (Mereka telah menulis di buku-buku ini.) – Kata benda jamak
  4. I bought those pens yesterday morning. (Saya membeli pulpen-pulpen itu kemarin pagi.) – Kata benda jamak
Contoh lainnya:
- That is a good idea.- I will never forget this.
- Those are my friends.
- These are my books.

Dalam kalimat, this dan that sebagai singular demonstrative pronoun dapat berperan sebagai subjek, objek langsung (direct object), atau objek preposisi (object of preposition), contoh:
- That is whom you should meet at the dinner at the Batik Gallery. (subjek)
- Would you deliver this? (objek langsung)
- Now, listen to this. (objek preposisi)

Begitu juga these dan those sebagai plural demonstrative pronoun dapat berperan subjek, objek langsung (direct object), atau objek preposisi (object of preposition), contoh:
- These are the preferred pens in this department. (subjek)
- She donated those to the team. (objek langsung)
- Mark can work with those. (objek preposisi)

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon