Past Perfect Continuous Tense

Past Perfect Continuous Tense yaitu kalimat bentuk waktu yang menyatakan perbuatan yang telah mulai dilakukan dan masih sedang berlangsung di waktu lampau. Pola kalimat yang digunakan untuk membentuk kalimat bentuk waktu ini adalah:

I/we/you/they/she/he/it + had + been + Present Particple

Pada Past Perfect Continuous, kata kerja yang digunakan adalah Present Participle setelah kata kerja bantu "been" (bentuk past participle dari "be, is, am, dan are) untuk menunjukkan pekerjaan sedang berlangsung di waktu lampau. Kata kerja bantu ini diletakkan setelah "had" sebagai bentuk past dari "has/have" untuk menyatakan pekerjaan yang telah selesai dikerjakan di masa lampau.

Dengan kata lain, tenses ini menggunakan dua peristiwa sekaligus yaitu peristiwa yang sedang berlangsung dan yang sudah selesai sekaligus dalam satu waktu di masa lampau. Contoh kasusnya adalah, sebulan yang lalu Umar meminta bantuan kepada Irfan untuk memasang lampu. Ternyata belum diminta, Irfan sudah sedang memasang lampu yang dimaksud. Maka kalimat dari kasus ini adalah sebagai berikut:

Last month, when I asked Irfan to set the lamp, Irfan had been setting the lamp before I asked him.

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon