Past Future Continuous Tense

Past Future Continuous Tense adalah bentuk waktu yang menyatakan pekerjaan yang akan sedang diperbuat di waktu lampau. Pola kalimat yang digunakan untuk membuat kalimat bentuk waktu Past Future continuous adalah:

I/you/we/they/she/he/it + would + be + Present Participle


Sebagai bentuk continuous, Past Future Continuous pun menggunakan Present Participle untuk menyatakan sebuah pekerjaan yang sedang berlangsung, perbedaan dengan Future continuous adalah tambahan "would" pada Past Future yang memiliki fungsi menunjukkan rencana atau kondisi yang akan terjadi di masa yang telah lalu.

Misal, Wawan dulu bertemu dengan wiwin. Kemudian mereka menikah. Suatu hari wiwin memiliki rencana liburan. Wiwin menceritakan maksudnya kepada suaminya. "Mas, liburan yuk." "Liburan kemana?". "Ke kampung saja nengok bapak dan emak." "Boleh, pasti mereka akan sedang di rumah minggu-minggu ini sebab mereka sedang mempersiapkan pesta tahunan." Kemudian hari ini wawan menceritakan rencana liburannya di masa lalu. Maka kalimat sesuai kasus tersebut adalah:

I would be visitting my parents

We would be going to visit my parents

Saya menjelaskan kedua kalimat tersebut. "would" setelah subjek merupakan bentuk past tense dari "will" yang berfungsi sebagai penunjuk pekerjaan yang akan dikerjakan di masa lampau. "be" merupakan kata kerja bantu yang diikuti Present Participle + ing untuk menunjukkan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon