Present Perfect Tense

Present Perfect Tense menerangkan peristiwa yang sudah terjadi atau telah dikerjakan di waktu lampau dan masih memiliki hubungan dengan waktu sekarang. Pola yang dipakai untuk Present Perfect Tense adalah:

I/you/we/they + have + Past Participle

He/she/it + has + Past Participle

Dalam membuat kalimat present perfect tense harus Have/Has setelah Subyek dan menggunakan Past Participle setelahnya untuk menandakan sudah dikerjakan. Misalnya, saya di pagi hari belajar di sekolah dan sekarang saya berada di rumah. Ini berarti saya sudah selesai mengerjakan suatu pekerjaan yaitu belajar. Maka kalimatnya adalah "I have studied at school".

Contoh lainnya yaitu suatu pekerjaan yang dilakukan sedang berlangsung hingga saat ini, seperti saya tinggal di kota Tasikmalaya sejak tahun 2013 dan tidak tahu sampai kapan menetap di kota tersebut. Biasanya kita menggunakan kata "since" yang berarti sejak (menunjukkan waktu awal mengerjakan). Maka kalimatnya adalah "I have stayed in Tasikmalaya since 2013).

Meski suatu pekerjaan sudah dikerjakan, dalam present perfect tense tidak boleh menggunakan keterangan waktu lampau karena ini bukan bentuk Past melainkan bentuk Present.

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon