Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense adalah kalimat bentuk waktu yang menyatakan bahwa suatu pekerjaan sudah dimulai di waktu lampau dan saat ini masih berlangsung dikerjakan dan belum selesai. Present Perfect Continuous memiliki pola kalimat:

I/you/we/they + have + been + Present Participle

She/he/it + has + been + Present Participle

Sebagai bentuk Continuous, kalimat bentuk waktu ini menggunakan Present Participle sebagai penanda kata kerja yang sedang dikerjakan setelah "been", bentuk Past Participle dari "be". Contoh kasus:

Pada suatu hari Si Amin, tukang masak di sebuah restoran mulai memasak di dapur setelah shalat subuh tetapi sekarang waktu zuhur belum juga selesai memasak, karena waktu kerja dia sampai malam hari. Lalu Anda datang berkunjung ke restoran itu untuk bertemu Amin. "Pak, Amin ada?" lalu di jawab "Oh iya ada, dia lagi masak di dapur". "Dari jam berapa dia masak?", dijawab lagi, "Dia masak dari bada subuh". "Kapan ya selesainya, saya ingin ngobrol sama dia". Bapak jawab lagi, "Amin selesai kerja nanti malam, kalau bapak perlu, saya akan sampaikan ke dia". "Sampaikan saja ke dia, saya pesan mie ayam dua porsi, nanti dia ngerti". "Baik pak! Ditunggu ya pak." Amin baru datang langsung membawakan mie ayam kesukaan saya setelah satu jam kemudian.

Begitulah ilustrasinya. Apabila dibuat kalimat maka hasilnya:

Amin has been cooking since morning.
I have been waiting for Amin for an hour.

0 Comments

Berikan komentar terbaik Anda...
EmoticonEmoticon